Langsung ke konten utama

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)


Nama                          : Desra Farhani
Kelas                           : 1 PA 15
NPM                           : 11516845
Tugas                          : Tugas MTK & IAD
Kelompok                  : 2
Teman Kelompok     :Rizki Nabilah Yunianti
NPM                           : 16516609


MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)
1.      Konsep Matematika
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan  matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.  Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Menurut Rohana (2011:111) Dalam memahami konsep matematika diperlukan kemampuan generalisasi serta abstraksi yang cukup tinggi. Sedangkan saat ini penguasaan peserta didik terhadap materi konsep – konsep matematika masih lemah bahkan dipahami dengan keliru. Sebagaimana yang dikemukakan Ruseffendi (2006:156) bahwa terdapat banyak peserta didik yang setelah belajar matematika, tidak mampu memahami bahkan pada bagian yang paling sederhana sekalipun, banyak konsep yang dipahami secara keliru sehingga matematika dianggap sebagai ilmu yang sukar, ruwet, dan sulit.
Padahal pemahaman konsep merupakan bagian yang paling penting dalam pembelajaran matematika seperti yang dinyatakan Zulkardi (2003:7) bahwa ”mata pelajaran matematika menekankan pada konsep”. Artinya dalam mempelajari matematika peserta didik harus memahami konsep matematika terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan soal-soal dan mampu mengaplikasikan pembelajaran tersebut di dunia nyata. Konsep-konsep dalam matematika terorganisasikan secara sistematis, logis, dan hirarkis dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks. Pemahaman terhadap konsep-konsep matematika merupakan dasar untuk belajar matematika secara bermakna.
a.       Definisi Pemahaman dan Konsep
Menurut Purwanto (1994:44) pemahaman adalah tingkat kemampuan yang mengharapkan mahasiswa mampu memahami arti atau konsep, situasi serta fakta yang diketahuinya. Sementara Mulyasa (2005 : 78) menyatakan bahwa pemahaman adalah kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu. Selanjutnya Ernawati (2003:8) mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan pemahaman adalah kemampuan menangkap pengertian-pengertian seperti mampu mengungkapkan suatu materi yang disajikan dalam bentuk lain yang dapat dipahami, mampu memberikan interpretasi dan mampu mengklasifikasikannya.
Menurut  Virlianti (2002:6) mengemukakan bahwa pemahaman adalah konsepsi yang bisa dicerna atau dipahami oleh mahasiswa sehingga mereka mengerti apa yang dimaksudkan, mampu menemukan cara untuk mengungkapkan konsepsi tersebut, serta dapat mengeksplorasi kemungkinan yang terkait. Berdasarkan pengertian pemahaman diatas, penulis menyimpulkan pemahaman adalah suatu cara yang sistematis dalam memahami dan mengemukakan tentang sesuatu yang diperolehnya.
b.      Pemahaman Konsep Matematika
Pemahaman konsep sangat penting, karena dengan penguasaan konsep akan memudahkan mahasiswa dalam mempelajari matematika. Pada setiap pembelajaran diusahakan lebih ditekankan pada penguasaan konsep agar siswa memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi dan pemecahan masalah.
Penguasan konsep merupakan tingkatan hasil belajar mahasiswa sehingga dapat mendefinisikan atau menjelaskan sebagian atau mendefinisikan bahan pelajaran dengan menggunakan kalimat sendiri. Dengan kemampuan mahasiswa menjelaskan atau mendefinisikan, maka mahasiswa tersebut telah memahami konsep atau prinsip dari suatu pelajaran meskipun penjelasan yang diberikan mempunyai susunan kalimat yang tidak sama dengan konsep yang diberikan tetapi maksudnya sama.



c.       Indicator Pemahaman Konsep
Menurut Sanjaya (2009) indikator yang termuat dalam pemahaman konsep diantaranya:
1.      Mampu menerangka secara verbal mengenai apa yang telah dicapainya
2.      Mampu menyajikan situasi matematika kedalam berbagai cara serta mengetahui perbedaan,
3.      Mampu mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut,
4.      Mampu menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur,
5.      Mampu memberikan contoh dan contoh kontra dari konsep yang dipelajari,
6.      Mampu menerapkan konsep secara algoritma,
7.      Mampu mengembangkan konsep yang telah dipelajari.
d.      Pembelajaran Matematika Untuk Kemampuan Pemahaman Konsep
Menurut Suherman (2001) Dengan menerapkan teori ini, matematika bukanlah  menjadi mata pelajaran yang harus dihindari. Teori tesebut yaitu:
1.         Memahami konsep dan bukan menghapal rumus
2.         Belajar dari contoh soal
Agar lebih memahami penjelasan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika, dibawah ini akan di contoh soal pemahaman konsep berdasarkan indikatornya.
a.         Menyatakan ulang sebuah konsep
Contoh soalnya adalah siswa mampu mendefinisikan ulang perkalian dua.
2 x 1                               = 2
2 x 2 = 2 + 2                   = 4
2 x 3 = 2 + 2 + 2             = 6
Mendefinisikan perkalian disini maksudnya siswa setelah belajar perkalian ia mampu menyatakan ulang perkalian dua tersebut.
b.      Mengklasifikasi objek sesuai dengan konsepnya.
Maksudnya siswa mampu mengkelompokkan sifat-sifat tertentu suatu objek menurut jenisnya dan sifat-sifat. Dalam menyelesaikan Sistem persamaan Linier dimana siswa dapat mengelompokkan  suatu objek dari soal sesuai dengan sifat-sifatnya, sehingga siswa dapat menyelesaikan sistem persamaan linier tersebut menggunakan berbagai metode. Seperti metode grafik, eleminasi, substitusi dan gabungan antara eliminasi & substitusi.
c.       Kemampuan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsepa maksudnya mahasiswa mampu menganalisa suatu soal mana syarat perlu dan mana syarat cukup yang terkait dalam suatu konsep materi.
Contoh: siswa dapat memahami suatu materi dengan melihat syarat-syarat yang harus diperlukan/mutlak dan yang tidak diperlukan harus dihilangkan pada Persamaan kuadrat yang akar-akar Real, kembar dan imajenir hanya menggunakan Diskriminan tanpa harus mencari nilai akar-akar Persamaan kuadrat tersebut.
(sumber:http://mediaharja.blogspot.co.id/2015/08/pemahaman-konsep-matematika.html) diakses Selasa 7 Maret 2017 Pukul 22:48 WIB

Konsep Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu Pengetahuan Alam (natural science) yang mengkaji tentang gejala–gejala dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep–konsep dan prinsip–prinsip dasar yang bersifat esensial, contohnya seperti Biologi, Fisika, dan Kimia, ketiga ilmu tersebut juga memiliki turunan lagi. Ilmu Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang dapat berubah sesuai kemajuan peradaban manusia.
Adanya Ilmu Alamiah Dasar dilahirkan oleh panca indera yang memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman itu sendiri merupakan salah satunya alasan terbentuknya pengetahuan yakni dari kumpulan fakta-fakta yang pernah terjadi. Dan untuk mengkajinya menggunakan metode ilmiah, caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
Tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Umum adalah agar dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala alam hingga terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari Ilmu Pengetahuan Alam, adapun tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Khusus adalah agar dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia, dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap “rahasia ingin tahu” nya, serta dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.
Fungsi mempelajari Ilmu Alamiah Dasar antara lain adalah memberi wawasan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep alam agar dapat peka dan tanggap terhadap masalah-masalah alam yang ada disekitarnya serta dapat bertanggung jawab terhadap berbagai masalah alam didalam masyarakat sebagai agen perubahan dan dapat mengembangkan apresiasi IPA dan Teknologi kepada mahasiswa serta dapat mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar pada perkembangan diri dan ilmu.
Ilmu Alamiah Dasar mempunyai beberapa konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi, diantaranya didalam konsep Teknologi adanya keterkaitan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang membahas hubungan antara manusia sebagai makhluk sosial. Bagaimana hubungan antar balik manusia dengan manusia lainnya atau makhluk lain, yang terbagi atas Psikologi, Pendidikan, Antropologi, Etnologi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.
Dan dari apa yang sudah dijelaskan tadi dapat disimpulkan bahwa manusia sangat memerlukan ilmu pengetahuan agar mampu memenuhi kebutuhan sumber daya dengan cara melakukan pengamatan dan penggunaan pengalaman serta teknologi.
Contohnya memberikan pemahaman kepada manusia tentang apa yang ada didalam bumi ini yang bisa dimanfaatkan seperti minyak dan gas bumi yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk memperoleh uang atau keuntungan, yang kemudian menuntut manusia itu sendiri untuk bisa menginvestasikan keuntungannya itu agar kemudian dapat membuat perencanaan yang berkaitan dengan penganggaran dan keuangan, serta kemudian melakukan bisnis yang nanti hasilnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia itu sendiri.
Maka dari itu ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi tidak dapat dipisahkan, karena semuanya berkaitan satu sama lainnya, dan menimbulkan hubungan timbal balik yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. 
(Sumber:Hari Purnama, 2003 atau H. Abu Ahmad & A. Supatmo, 1998 dan dikutip dari https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/) diakses Sabtu 4 Maret 2017 Pukul 21:51 WIB
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu teoritis yang didasarkan pada pengamatan dan percobaan-percobaan terhadap gejala-gejala alam.Fakta-fakta tentang gejala alam/gejala kebendaan diselidiki, dan diuji berulang-ulang melalui percobaan-percobaan (eksperimen), kemudian berdasarkan hasil eksperimen itulah dirumuskan keterangan ilmiahnya (teorinya). Teori tidak dapat berdiri sendiri. Teori selalu didasari oleh suatu hasil pengamatan.
Ilmu Pengetahuan Alam itu bermula dari rasa ingin tahu, yang merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di sekelilingnya, alam sekitarnya, bulan, bintang dan matahari yang dipandangnya, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri.
Rasa ingin tahu pada manusia,adalah merupakan karunia Allah kepada manusia, sebagaimana firman Allah kepada Malaikat, bahwa Allah akan menciptakan seorang Khalifah (Adam as) di muka bumi, kemudian Allah mengajarkan Adam nama-nama seluruh ciptaan-Nya. Firman Allah SWT.
Dan Dia mengajarkan kepada Adam, nama-nama (benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat, lalu berfirman: “Sebutkanlah kepadaKu nama-nama benda-benda itu, jika kamu memang benar”.
Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui, selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepadakami, sesungguhnya Engkaulahyang MahaTahu lagi Maha Bijaksana”.
Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda itu “. (QS al-Baqarah: 31,32 dan 33).
Rasa ingin tahu yang terus-menerus berkembang dan seolah-olah tanpa batas itu menimbulkan perbendaharaan pengetahuan pada manusia itu sendiri. Hal ini tidak saja meliputi kebutuhan-kebutuhan praktis untuk hidupnya sehari-hari seperti bercocok tanam, atau membuat alat-alat berburu dan bertani. Pengetahuan manusia berkembang sampai menyangkut keindahan dan teknologi.
Tujuan Ilmu Alamiah Dasar (IAD) menjadi MKDU:
a.       Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
b.      Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan dalam IPA dan Teknologi.
c.       Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran, cara-cara pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi.
d.      Mengembangkan interaksi yang selaras dan disiplin-disiplin ilmu eksakta dan noneksakta.
Adapun fungsi Mata Kuliah IAD adalah:
a.       Mengembangkan apresiasi IPA dan Teknologi kepada mahasiswa noneksakta.
b.      Mendorong dan mengembangkan kemanfaatan IAD pada perkembangan diri, ilmu dan profesi para mahasiswa noneksakta.
Biasanya disiplin-disiplin yang tergolong IAD adalah : fisika, kimia, astronomi, geologi, meteorologi, serta biologi. Lima yang terdahulu mewujudkan ilmu-ilmu fisis, sedang yang terakhir ilmu-ilmu biotis (dengan perincian utama : zologi, fitologi dan fisiologi manusia).
(Sumber:https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/) diakses Sabtu 4 Maret 2017 Pukul 21:51 WIB

2.      Laporan Hasil Pengamatan Hewan
Nama Hewan  : Kucing Angora Abu-abu
Hari/Tanggal   : Minggu, 5 Maret 2017
Waktu             : 10.00-11.00 WIB
Tempat            : Cutie Cat Café di Kemang Raya Jakarta Selatan

Deskripsi Hewan yang Diamati:
1.      Deskripsi Secara Umum
Kucing adalah binatang mamalia yang akrab dengan manusia. Secara fisik memang terdapat hubungan kekerabatan dengan anjing. Hewan tersebut terkenal manja pada majikannya. Kesehariannya adalah tidur. Jika sudah malas-malasan, hewan ini jarang sekali hewan ini aktif seperti jalan-jalan. Makanan kesukaannya adalah ikan goreng, ayam goreng dan sejenisnya yang berbau amis, namun tidak menutup kemungkinan makanan yang berbau tidak anyir pun, kucing mau memakannya. Banyak ditemui kucing kampung yang memakan makanan yang tidak berbau anyir. Hal ini karena kucing tersebut merasa sangat lapar, sehingga makanan yang tidak berbau khas anyirpun akhirnya di makan juga. Tentu saja bila kucing Anggora atau import tidak akan mau memakan makanan yang tidak berbau anyir, misalnya nasi.
Di balik semua itu rupanya ada hal yang paling menarik dari kucing, yakni kucing senang mencakar-cakar dengan kukunya ke sofa. Itu berarti dia sedang mengasah kukunya agar tetap lancip atau sekadar bercengkrama. Selain itu, kucing tidak menyukai air. Jika tersentuh sedikit saja, kucing akan berteriak keras, lalu menjauh dari air.

Selain itu, kucing pun senang sekali bercanda, tetapi terkadang bisa membuatnya marah. Jika anda melihat kucing sedang bersahut-sahutan dengan suara “Meong” kemungkinannya adalah jika ada lebih dari satu kucing yang jenis kelaminnya sama, artinya kucing tersebut sedang marah dan berusaha mempertahankan wilayah kekuasaannya. Kucing tidak ingin ada saingan dalam mencari wilayah kekuasaan dimana wilayah tersebut adalah tempatnya mencari sumber makanan, minuman atau bahkan tempatnya si betina-betina yang cantik. Namun, jika kucing hadir di sana dan bersahut-sahutan dengan anaknya atau dengan lawan jenis berarti si kucing sedang berkomunikasi atau akan menjalin hubungan yang lebih mapan. Maksud saya yakni ke jenjang perkawinan. Selain itu, kemungkinan yang lain karena lapar dan haus.
Tidak hanya itu saja yang unik, akan tetapi masih ada lagi. Nah, jika malam hari di tempat yang gelap, sorot kedua mata kucing akan terlihat menyala. Ini akibat mata kucing mengandung pigmen yang cerah. Dengan mata itu, kucing memiliki penglihatan yang tajam. Jangan salah, mereka pun sudah dianugerahi penglihatan dari Sang Maha Pencipta. Namun yang anehnya, manusia menganggap itu kucing sebagai hal yang mistis dan terkesan magis, padahal sebenarnya tidak. Kucing ya kucing biasa. Jangan pernah mencerna kucing sebagai hewan pembawa malapetaka, bencana, keberuntungan atau apapun juga yang tidak didasari oleh fakta yang objektif. Sebaiknya anda tinggalkan dan buang ucapan dari  seseorang yang membicarakan tentang kucing ajaib, kucing magis, kucing mitos apalagi kucing jadi-jadian.
Selain yang sudah diuraikan di atas, masih ada keunikan lainnya adalah kucing sering sekali memangsa tikus. Jika tidak ada satupun tikus, maka bangkai apapun jadi disantapnya. Kucing akan terus berlari bahkan berkejar-kejaran cukup lama dengan Tikus. Ya, begitulah prinsip kucing sebagai hewan mamalia yang kekerabatannya mirip anjing, sehingga tingkah lakunya pun mirip anjing. Namun, perbedaan yang mencolok adalah air liur kucing tidaklah jorok ataupun najis, sedangkan anjing sering menjulurkan lidahnya hingga meneteskan air liur yang menjijikan.
Dalam kisahnya, kucing boleh dikatakan sebagai hewan penurut asalkan memeliharanya sejak masih mungil alias bayi. Jika anda memelihara kucing sudah cukup besar, anda bisa repot mengaturnya. Namun jangan khawatir seban anda masih bisa melatihnya, walaupun terkadang sulit.

Memelihara kucing di rumah tidak ada salahnya karena kucing dikenal hewan yang bersahabat dengan manusia. Kucing akan rela berdekatan cukup lama dengan majikannya, bahkan rela tidur bersamanya. Hewan ini cukup memberi kenyamanan bagi manusia berkat bulunya yang lembut bagaikan kain sutra.
Di dunia kucing sudah populer. Para pemahat patung ternyata banyak yang membuat kucing sehingga banyak di temui patung kucing atau tugu kucing di luar negara kita. Adapula yang kita ketahui adalah ketenaran dari nasi kucing. Ya, nama hewan inipun ternyata beredar cepat menjadi sebuah simbol makanan.

2.      Deskripsi Pengamatan Langsung Di Lokasi
Pada hari minggu tanggal 5 maret 2017 tepatnya pukul 10.00-11.00 WIB kelompok kami melakukan pengamatan satu jenis hewan kucing di Cutie Cat Café di Kemang Raya Jakarta Selatan, disana kami banyak menemukan jenis-jenis hewan kucing dari Agora, Persia dan banyak lainnya. Kami hanya fokus pada satu hewan kucing jenis Angora berwarna abu-abu, jenis kucing angora ini memiliki bulu yang sangat halus dan lembut seperti sutra, bentuk bulunya panjang sekitar 5 – 8 cm, kucing angora ini memiliki bulu berwarna abu-abu dengan corak sedikit kecoklatan pada badannya. Pertumbuhan bulu kucing Angora memang unik. Kalau sedang musim panas, bulu kucing Angora cenderung pendek, namun ketika sedang musim dingin, bulunya jadi lebat. Badan Kucing Angora cenderung lebih panjang daripada kucing Persia. Kucing Angora memiliki ukuran kepala sedang dengan hidung meruncing ke atas. Kucing Angora memiliki warna mata yang biru atau kekuning-kuningan. Ekor kucing Angora biasanya panjang dan runcing dengan bulu yang lebat. Biasanya kalau kucing Angora berjalan, dia akan menurunkan ekornya atau mendekatkan ujung ekornya ke kepalanya. Kuping Kucing Angora biasanya besar dan runcing dengan setumpuk bulu di ujung kupingnya. Kucing Angora yang kami amati sangat jinak dan terlalu banyak beraktivitas untuk tidur serta melompat ke tempat-tempat yang disedia di area cutie cat café seperti meja, kursi serta kandang-kandang yang ada.

3.      Legenda (Asal Usul Sungai Brantas) Jawa Timur
Pada Jaman Dahulu, Di Jawa Timur ada sebuah kerajaan besar. Kerajaan Kahuripan namanya. Rajanya bernama Prabu Airlangga. Prabu Airlannga berasal dari Pulau Bali. Ia adalah seorang putra raja di Bali. Saat usia Prabu Airlangga sudah tua, Ia ingin menjadi pertapa. Tahta Kerajaan Kahuripan akan di serahkan pada Putri Permaisurinya yang hanya seorang. Ia putri yang cantik jelita. Namanya Sanggramawijaya
Sanggramawijaya menolak keinginan Ayahanda nya. Ia tidak punya keinginan menjadi Raja. Yang menjadi keinginan Sanggramawijaya adalah menjadi seorang pertapa. Ia lalu meminta restu ayahanda nya menjadi pertapa di Goa Selomangleng  (Di Kaki Gunung Klotok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Ia pun mengubah namanya menjadi Dewi Kilisuci. Prabu Airlangga lalu berkeinginan menyerahkan tahta kerajaan pada putranya yang berasal  dari selir ( Istri tidak resmi ). Kebetulan sekali, Ia memiliki dua putra dari selir. Kedua Putranya bernama Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan.
Prabu kebingungan untuk memilih salah satu yang akan diberi tahta kerajaan kahuripan. Prabu Airlangga berusaha mencari jalan keluar yang adil. Ia menyuruh Empu Baradha untuk pergi ke Bali. Empu Baradha disuruh meminta tahta kerajaan milik Ayahanda Prabu Airlangga di Pulau Bali untuk salah satu putranya. Namun tahta kerajaan milik ayahanda Prabu Airlangga di Bali sudah diberikan kepada adik Prabu Airlangga. “Tahta milik Ayahanda Airlangga di pulau Bali sudah diberikan kepada adik Prabu Airlangga yang bernama Anak Wungsu!” lapor Empu Baradha setibanya dari pulau Bali. “taka pa-apa, bapak e,pu! Terima kasih bapak empu sudah melaksanakan apa yang kusuruh. Sekarang bantu aku membagi kerajaan ini dengan adil untuk kedua putraku, Sri Samarawijaya dan Mapanji garasakan!” baiklah, baginda Raja! Bagaimana kalau hamba yang membagi kerajaan Kahuripan ini menjadi dua bagian yang sama besar?””itu lebih baik bapak Empu! Tapi, bagaimana caranya bapak Empu membagi kerajaan ini menjadi dua bagian sama besar?” “serahkan semuanya pada hamba, baginda raja! Hamba yang akan mengaturnya!” “baiklah bapak Empu! Kuserahkan semua persoalan ini kepada Anda!”
Keesokan harinya, Empu Baradha terbang sambil membawa Kendi ( Teko dari tanah liat ) berisi air. Dari angkasa, ia tupahkan air kendi itu sambil terbang melintas persis di tengah-tengah Kerajaan Kahuripan. Ajaibnya, Tanah yang terkena tumpahan air Kendi langsung berubah menjadi sungai. Sungai itu semakin besar dan airnya deras. Sungai itu sekarang bernama Sungai Berantas.
Kerajaan Kahuripan pun sekarang terbagi menjadi dua bagian. Batasnya adalah ciptaan Empu Baradha. Prabu Airlangga pun menyerahkan dua bagian dari Kerajaan Kahuripan itu kepada Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan.
” Bagian Kerajaan Kahuripan sebelah timur sungai aku serahkan pada Putraku Mapanji Garasakan! Kerajaan itu aku beri nama Kerajaan Jenggala, Sedangkan bagian barat sungai aku serahkan pada putraku Sri Samarawijaya. Kerajaan itu kuberi nama Kerajaan Panjalu/Kadiri ( sekarang Kota Kediri ).” titah Prabu Airlangga.
Kini tentramlah hati Prabu Airlangga. Ia dengan tenang pergi dari Kerajaan Kahuripan ( Sebelum terbelah ) untuk menjadi seorang pertapa. Prabu Airlangga menjadi pertapa di Pucangan. Ia mengganti namanya menjadi Maharesi Gentayu. Ketika meninggal dunia, Jenazah Prabu Airlangga dimakamkan di lereng Gunung Penanggungan sebelah timur.
(Sumber:http://swaralakblokblog.wordpress.com/2016/09/17/legenda-asal-usul-sungai-brantas-jawa-timur) Diakses Pada Hari Minggu Tanggal 12 Maret 2017 Pukul 21:53 WIB


Sumber:
(sumber:http://mediaharja.blogspot.co.id/2015/08/pemahaman-konsep-matematika.html) diakses Selasa 7 Maret 2017 Pukul 22:48 WIB
(Sumber:Hari Purnama, 2003 atau H. Abu Ahmad & A. Supatmo, 1998 dan dikutip dari https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/) diakses Sabtu 4 Maret 2017 Pukul 21:51 WIB
(Sumber:https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/) diakses Sabtu 4 Maret 2017 Pukul 21:51 WIB
(Sumber:http://swaralakblokblog.wordpress.com/2016/09/17/legenda-asal-usul-sungai-brantas-jawa-timur) Diakses Pada Hari Minggu Tanggal 12 Maret 2017 Pukul 21:53 WIB











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan & Analisis Kepemimpinan dan Budaya Organisasi pada Perusahaan Multinasional KFC

Nama  : Desra Farhani NPM   : 11516845 Tugas  : Pembahasan & Analisis Kepemimpinan dan Budaya Organisasi pada Perusahaan Multinasional KFC BAB 3 PEMBAHASAN DAN ANALISIS Kentucky Fried Chicken mendahulukan tentang standar etika baik dalam dan diluar perusahaan sebagai ditegaskan oleh wakil-wakil perusahaanya. Misalnya perusahaan adalah vendor ketat tentang keterlibatan. Sebelum seorang pemasok dapat mengamankan kontrak dengan Kentucky Fried Chicken, mereka harus mematuhi standar etika yang sama seperti KFC. Ini berarti bahwa pemasok tidak boleh memanfaatkan tenaga kerja di bawah umur untuk produsen komoditi mereka, mereka harus membayar upah yang adil dan harus juga menghindari menempatkan bahan kimia berbahaya dalam komoditas mereka. Konsep-konsep ini telah diatur seperti KFC memilih mitra bisnis lainnya juga; mereka termasuk kontraktor dan pabrik. Dengan melakukannya, perusahaan melindungi hak asasi manusia. Perusahaan juga memperhatikan kesehat...

HUMAN AND PSYCHOLOGY

Nama: Desra Farhani          NPM : 11516845 Kelas : 1PA15 Tugas: Artikel                                       HUMAN AND PSYCHOLOGY Istilah ‘manusia’ adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna di muka bumi ini, oleh karenanya manusia dijadikan khalifah Tuhan di bumi karena manusia memiliki kecendrungan dengan Tuhan. Berbicara dan berdiskusi tentang manusia selalu menarik, dan karena menarik maka masalahnya tidak pernah selesai dalam arti tuntas. Pembicaraan dalam arti makhluk Psikofisik ini laksana suatu permainan yang tidak pernah selesai, selalu ada saja pertanyaan mengenai manusia. Berbicara mengenai manusia pastinya tidak akan ada habisnya. Manusia yang merupakan makhluk hidup paling sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya mempunyai pera...

Tugas Essay Pelanggaran HAM di Indonesia "Buah Kakao"

Mata Kuliah              : Ilmu Budaya Dasar Nama                          : Desra Farhani NPM                           : 11516845 Kelas                           : 1PA15 Tugas                          : Essay PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DI INDONESIA "BUAH KAKAO" HAM / Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dap...