Nama :
Desra Farhani
Kelas :
1 PA 15
NPM :
11516845
Tugas :
Tugas MTK & IAD
Kelompok :
2
Teman Kelompok :Rizki Nabilah Yunianti
NPM :
16516609
MATEMATIKA
DAN ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)
1. Konsep
Matematika
Matematika
merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern,
mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir
manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa
ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan,
aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai
dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat
sejak dini.
Menurut
Rohana (2011:111) Dalam memahami konsep matematika diperlukan kemampuan generalisasi
serta abstraksi yang cukup tinggi. Sedangkan saat ini penguasaan peserta didik
terhadap materi konsep – konsep matematika masih lemah bahkan dipahami dengan
keliru. Sebagaimana yang dikemukakan Ruseffendi (2006:156) bahwa terdapat
banyak peserta didik yang setelah belajar matematika, tidak mampu memahami
bahkan pada bagian yang paling sederhana sekalipun, banyak konsep yang dipahami
secara keliru sehingga matematika dianggap sebagai ilmu yang sukar, ruwet, dan
sulit.
Padahal
pemahaman konsep merupakan bagian yang paling penting dalam pembelajaran
matematika seperti yang dinyatakan Zulkardi (2003:7) bahwa ”mata pelajaran
matematika menekankan pada konsep”. Artinya dalam mempelajari matematika
peserta didik harus memahami konsep matematika terlebih dahulu agar dapat
menyelesaikan soal-soal dan mampu mengaplikasikan pembelajaran tersebut di
dunia nyata. Konsep-konsep dalam matematika terorganisasikan secara sistematis,
logis, dan hirarkis dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks. Pemahaman
terhadap konsep-konsep matematika merupakan dasar untuk belajar matematika
secara bermakna.
a.
Definisi
Pemahaman dan Konsep
Menurut
Purwanto (1994:44) pemahaman adalah tingkat kemampuan yang mengharapkan
mahasiswa mampu memahami arti atau konsep, situasi serta fakta yang
diketahuinya. Sementara Mulyasa (2005 : 78) menyatakan bahwa pemahaman adalah
kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu. Selanjutnya
Ernawati (2003:8) mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan pemahaman adalah
kemampuan menangkap pengertian-pengertian seperti mampu mengungkapkan suatu
materi yang disajikan dalam bentuk lain yang dapat dipahami, mampu memberikan
interpretasi dan mampu mengklasifikasikannya.
Menurut
Virlianti (2002:6) mengemukakan bahwa pemahaman adalah konsepsi yang bisa
dicerna atau dipahami oleh mahasiswa sehingga mereka mengerti apa yang
dimaksudkan, mampu menemukan cara untuk mengungkapkan konsepsi tersebut, serta
dapat mengeksplorasi kemungkinan yang terkait.
Berdasarkan pengertian pemahaman diatas, penulis menyimpulkan pemahaman adalah
suatu cara yang sistematis dalam memahami dan mengemukakan tentang sesuatu yang
diperolehnya.
b.
Pemahaman Konsep
Matematika
Pemahaman konsep sangat penting, karena
dengan penguasaan konsep akan memudahkan mahasiswa dalam mempelajari
matematika. Pada setiap pembelajaran diusahakan lebih ditekankan pada
penguasaan konsep agar siswa memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai
kemampuan dasar yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi dan pemecahan
masalah.
Penguasan konsep merupakan tingkatan hasil
belajar mahasiswa sehingga dapat mendefinisikan atau menjelaskan sebagian atau
mendefinisikan bahan pelajaran dengan menggunakan kalimat sendiri. Dengan
kemampuan mahasiswa menjelaskan atau mendefinisikan, maka mahasiswa tersebut telah
memahami konsep atau prinsip dari suatu pelajaran meskipun penjelasan yang
diberikan mempunyai susunan kalimat yang tidak sama dengan konsep yang
diberikan tetapi maksudnya sama.
c.
Indicator
Pemahaman Konsep
Menurut Sanjaya (2009) indikator yang termuat dalam pemahaman konsep
diantaranya:
1. Mampu menerangka
secara verbal mengenai apa yang telah dicapainya
2. Mampu menyajikan
situasi matematika kedalam berbagai cara serta mengetahui perbedaan,
3. Mampu
mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan
yang membentuk konsep tersebut,
4. Mampu menerapkan
hubungan antara konsep dan prosedur,
5. Mampu memberikan
contoh dan contoh kontra dari konsep yang dipelajari,
6. Mampu menerapkan
konsep secara algoritma,
7. Mampu mengembangkan
konsep yang telah dipelajari.
d. Pembelajaran Matematika Untuk
Kemampuan Pemahaman Konsep
Menurut
Suherman (2001) Dengan menerapkan teori ini, matematika bukanlah menjadi
mata pelajaran yang harus dihindari. Teori tesebut yaitu:
1.
Memahami konsep dan bukan
menghapal rumus
2.
Belajar dari contoh soal
Agar lebih memahami penjelasan pemahaman konsep dalam
pembelajaran matematika, dibawah ini akan di contoh soal pemahaman konsep
berdasarkan indikatornya.
a. Menyatakan ulang sebuah konsep
Contoh soalnya adalah siswa mampu mendefinisikan
ulang perkalian dua.
2 x 1
= 2
2 x 2 = 2 + 2
= 4
2 x 3 = 2 + 2 + 2
= 6
Mendefinisikan perkalian disini maksudnya siswa setelah belajar perkalian ia mampu
menyatakan ulang perkalian dua tersebut.
b. Mengklasifikasi
objek sesuai dengan konsepnya.
Maksudnya siswa mampu mengkelompokkan sifat-sifat tertentu suatu objek menurut
jenisnya dan sifat-sifat. Dalam menyelesaikan Sistem persamaan Linier dimana
siswa dapat mengelompokkan suatu objek dari soal sesuai dengan
sifat-sifatnya, sehingga siswa dapat menyelesaikan sistem persamaan linier
tersebut menggunakan berbagai metode. Seperti metode grafik, eleminasi,
substitusi dan gabungan antara eliminasi & substitusi.
c. Kemampuan mengembangkan syarat perlu
atau syarat cukup dari suatu konsepa maksudnya mahasiswa mampu menganalisa
suatu soal mana syarat perlu dan mana syarat cukup yang terkait dalam suatu
konsep materi.
Contoh:
siswa dapat memahami suatu materi dengan melihat syarat-syarat yang harus diperlukan/mutlak
dan yang tidak diperlukan harus dihilangkan pada Persamaan kuadrat yang akar-akar Real,
kembar dan imajenir hanya menggunakan Diskriminan tanpa harus mencari nilai
akar-akar Persamaan kuadrat tersebut.
(sumber:http://mediaharja.blogspot.co.id/2015/08/pemahaman-konsep-matematika.html)
diakses Selasa 7 Maret 2017 Pukul 22:48 WIB
Konsep
Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu
Pengetahuan Alam (natural science) yang mengkaji tentang gejala–gejala
dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar
hanya mengkaji konsep–konsep dan prinsip–prinsip dasar yang bersifat esensial,
contohnya seperti Biologi, Fisika, dan Kimia, ketiga ilmu tersebut juga
memiliki turunan lagi. Ilmu Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang dapat
berubah sesuai kemajuan peradaban manusia.
Adanya Ilmu Alamiah Dasar dilahirkan oleh panca
indera yang memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu
menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman itu sendiri merupakan salah satunya
alasan terbentuknya pengetahuan yakni dari kumpulan fakta-fakta yang pernah
terjadi. Dan untuk mengkajinya menggunakan metode ilmiah, caranya ialah dengan
menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan yang terdapat
dalam alam semesta, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil
analisis ini kemudian digeneralisasikan.
Tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam
Instruksional Umum adalah agar dapat memahami perkembangan penalaran manusia
terhadap gejala-gejala alam hingga terwujudnya metode ilmiah yang merupakan
ciri khusus dari Ilmu Pengetahuan Alam, adapun tujuan mempelajari Ilmu Alamiah
Dasar dalam Instruksional Khusus adalah agar dapat menjelaskan perkembangan
naluri kehidupan manusia, dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia
dalam memenuhi kebutuhan terhadap “rahasia ingin tahu” nya, serta dapat memberi
alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.
Fungsi mempelajari Ilmu Alamiah Dasar antara lain
adalah memberi wawasan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep alam agar dapat
peka dan tanggap terhadap masalah-masalah alam yang ada disekitarnya serta
dapat bertanggung jawab terhadap berbagai masalah alam didalam masyarakat
sebagai agen perubahan dan dapat mengembangkan apresiasi IPA dan Teknologi
kepada mahasiswa serta dapat mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu
Alamiah Dasar pada perkembangan diri dan ilmu.
Ilmu Alamiah Dasar mempunyai beberapa konsep dasar
dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi, diantaranya didalam
konsep Teknologi adanya keterkaitan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
yang membahas hubungan antara manusia sebagai makhluk sosial. Bagaimana
hubungan antar balik manusia dengan manusia lainnya atau makhluk lain, yang
terbagi atas Psikologi, Pendidikan, Antropologi, Etnologi, Sejarah, Ekonomi,
dan Sosiologi.
Dan dari apa yang sudah dijelaskan tadi dapat
disimpulkan bahwa manusia sangat memerlukan ilmu pengetahuan agar mampu
memenuhi kebutuhan sumber daya dengan cara melakukan pengamatan dan penggunaan
pengalaman serta teknologi.
Contohnya memberikan pemahaman kepada manusia
tentang apa yang ada didalam bumi ini yang bisa dimanfaatkan seperti minyak dan
gas bumi yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk memperoleh uang atau
keuntungan, yang kemudian menuntut manusia itu sendiri untuk bisa
menginvestasikan keuntungannya itu agar kemudian dapat membuat perencanaan yang
berkaitan dengan penganggaran dan keuangan, serta kemudian melakukan bisnis
yang nanti hasilnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya
manusia itu sendiri.
Maka
dari itu ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi tidak dapat dipisahkan,
karena semuanya berkaitan satu sama lainnya, dan menimbulkan hubungan timbal
balik yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.
(Sumber:Hari
Purnama, 2003 atau H. Abu Ahmad & A. Supatmo, 1998 dan dikutip dari https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/)
diakses
Sabtu 4 Maret 2017 Pukul 21:51 WIB
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu teoritis yang
didasarkan pada pengamatan dan percobaan-percobaan terhadap gejala-gejala alam.Fakta-fakta tentang gejala alam/gejala kebendaan
diselidiki, dan diuji berulang-ulang melalui percobaan-percobaan (eksperimen),
kemudian berdasarkan hasil eksperimen itulah dirumuskan keterangan ilmiahnya
(teorinya). Teori tidak dapat berdiri sendiri. Teori selalu didasari oleh suatu
hasil pengamatan.
Ilmu Pengetahuan Alam itu bermula dari rasa ingin
tahu, yang merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu
tentang benda-benda di sekelilingnya, alam sekitarnya, bulan, bintang dan
matahari yang dipandangnya, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri.
Rasa ingin tahu pada manusia,adalah merupakan
karunia Allah kepada manusia, sebagaimana firman Allah kepada Malaikat, bahwa
Allah akan menciptakan seorang Khalifah (Adam as) di muka bumi, kemudian Allah
mengajarkan Adam nama-nama seluruh ciptaan-Nya. Firman Allah SWT.
Dan Dia mengajarkan kepada Adam, nama-nama (benda)
seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat, lalu berfirman:
“Sebutkanlah kepadaKu nama-nama benda-benda itu, jika kamu memang benar”.
Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang
kami ketahui, selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepadakami,
sesungguhnya Engkaulahyang MahaTahu lagi Maha Bijaksana”.
Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada
mereka nama-nama benda itu “. (QS al-Baqarah: 31,32 dan 33).
Rasa ingin tahu yang terus-menerus berkembang dan
seolah-olah tanpa batas itu menimbulkan perbendaharaan pengetahuan pada manusia
itu sendiri. Hal ini tidak saja meliputi kebutuhan-kebutuhan praktis untuk
hidupnya sehari-hari seperti bercocok tanam, atau membuat alat-alat berburu dan
bertani. Pengetahuan manusia berkembang sampai menyangkut keindahan dan
teknologi.
Tujuan
Ilmu Alamiah Dasar (IAD) menjadi MKDU:
a. Memperkenalkan
konsep-konsep dasar dalam IPA.
b. Memberikan
wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara pemikiran
serta cara-cara pendekatan dalam IPA dan Teknologi.
c. Memberikan
bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran, cara-cara pendekatan dan
hasil-hasil dalam IPA dan teknologi.
d. Mengembangkan
interaksi yang selaras dan disiplin-disiplin ilmu eksakta dan noneksakta.
Adapun
fungsi Mata Kuliah IAD adalah:
a. Mengembangkan
apresiasi IPA dan Teknologi kepada mahasiswa noneksakta.
b. Mendorong
dan mengembangkan kemanfaatan IAD pada perkembangan diri, ilmu dan profesi para
mahasiswa noneksakta.
Biasanya
disiplin-disiplin yang tergolong IAD adalah : fisika, kimia, astronomi,
geologi, meteorologi, serta biologi. Lima yang terdahulu mewujudkan ilmu-ilmu
fisis, sedang yang terakhir ilmu-ilmu biotis (dengan perincian utama : zologi,
fitologi dan fisiologi manusia).
(Sumber:https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/)
diakses
Sabtu 4 Maret 2017 Pukul 21:51 WIB
2. Laporan Hasil
Pengamatan Hewan
Nama
Hewan : Kucing Angora Abu-abu
Hari/Tanggal : Minggu, 5 Maret 2017
Waktu : 10.00-11.00 WIB
Tempat : Cutie Cat Café di Kemang Raya
Jakarta Selatan
Deskripsi
Hewan yang Diamati:
1. Deskripsi Secara Umum
Kucing
adalah binatang mamalia yang akrab dengan manusia. Secara fisik memang terdapat
hubungan kekerabatan dengan anjing. Hewan tersebut terkenal manja pada
majikannya. Kesehariannya adalah tidur. Jika sudah malas-malasan, hewan ini
jarang sekali hewan ini aktif seperti jalan-jalan. Makanan kesukaannya adalah
ikan goreng, ayam goreng dan sejenisnya yang berbau amis, namun tidak menutup
kemungkinan makanan yang berbau tidak anyir pun, kucing mau memakannya. Banyak
ditemui kucing kampung yang memakan makanan yang tidak berbau anyir. Hal ini
karena kucing tersebut merasa sangat lapar, sehingga makanan yang tidak berbau
khas anyirpun akhirnya di makan juga. Tentu saja bila kucing Anggora atau
import tidak akan mau memakan makanan yang tidak berbau anyir, misalnya nasi.
Di balik
semua itu rupanya ada hal yang paling menarik dari kucing, yakni kucing senang
mencakar-cakar dengan kukunya ke sofa. Itu berarti dia sedang mengasah kukunya
agar tetap lancip atau sekadar bercengkrama. Selain itu, kucing tidak menyukai
air. Jika tersentuh sedikit saja, kucing akan berteriak keras, lalu menjauh
dari air.
Selain
itu, kucing pun senang sekali bercanda, tetapi terkadang bisa membuatnya marah.
Jika anda melihat kucing sedang bersahut-sahutan dengan suara “Meong”
kemungkinannya adalah jika ada lebih dari satu kucing yang jenis kelaminnya
sama, artinya kucing tersebut sedang marah dan berusaha mempertahankan wilayah
kekuasaannya. Kucing tidak ingin ada saingan dalam mencari wilayah kekuasaan
dimana wilayah tersebut adalah tempatnya mencari sumber makanan, minuman atau
bahkan tempatnya si betina-betina yang cantik. Namun, jika kucing hadir di sana
dan bersahut-sahutan dengan anaknya atau dengan lawan jenis berarti si kucing
sedang berkomunikasi atau akan menjalin hubungan yang lebih mapan. Maksud saya
yakni ke jenjang perkawinan. Selain itu, kemungkinan yang lain karena lapar dan
haus.
Tidak
hanya itu saja yang unik, akan tetapi masih ada lagi. Nah, jika malam hari di
tempat yang gelap, sorot kedua mata kucing akan terlihat menyala. Ini akibat
mata kucing mengandung pigmen yang cerah. Dengan mata itu, kucing memiliki
penglihatan yang tajam. Jangan salah, mereka pun sudah dianugerahi penglihatan
dari Sang Maha Pencipta. Namun yang anehnya, manusia menganggap itu kucing
sebagai hal yang mistis dan terkesan magis, padahal sebenarnya tidak. Kucing ya
kucing biasa. Jangan pernah mencerna kucing sebagai hewan pembawa malapetaka,
bencana, keberuntungan atau apapun juga yang tidak didasari oleh fakta yang
objektif. Sebaiknya anda tinggalkan dan buang ucapan dari seseorang
yang membicarakan tentang kucing ajaib, kucing magis, kucing mitos apalagi
kucing jadi-jadian.
Selain
yang sudah diuraikan di atas, masih ada keunikan lainnya adalah kucing sering
sekali memangsa tikus. Jika tidak ada satupun tikus, maka bangkai apapun jadi
disantapnya. Kucing akan terus berlari bahkan berkejar-kejaran cukup lama
dengan Tikus. Ya, begitulah prinsip kucing sebagai hewan mamalia yang
kekerabatannya mirip anjing, sehingga tingkah lakunya pun mirip anjing. Namun,
perbedaan yang mencolok adalah air liur kucing tidaklah jorok ataupun najis,
sedangkan anjing sering menjulurkan lidahnya hingga meneteskan air liur yang
menjijikan.
Dalam
kisahnya, kucing boleh dikatakan sebagai hewan penurut asalkan memeliharanya
sejak masih mungil alias bayi. Jika anda memelihara kucing sudah cukup besar,
anda bisa repot mengaturnya. Namun jangan khawatir seban anda masih bisa
melatihnya, walaupun terkadang sulit.
Memelihara
kucing di rumah tidak ada salahnya karena kucing dikenal hewan yang bersahabat
dengan manusia. Kucing akan rela berdekatan cukup lama dengan majikannya,
bahkan rela tidur bersamanya. Hewan ini cukup memberi kenyamanan bagi manusia
berkat bulunya yang lembut bagaikan kain sutra.
Di dunia
kucing sudah populer. Para pemahat patung ternyata banyak yang membuat kucing
sehingga banyak di temui patung kucing atau tugu kucing di luar negara kita.
Adapula yang kita ketahui adalah ketenaran dari nasi kucing. Ya, nama hewan
inipun ternyata beredar cepat menjadi sebuah simbol makanan.
(Sumber:http://duniapengetahuandansastra.blogspot.co.id/2015/08/contoh-paragraf-deskripsi.html
diakses
pada tanggal 5 maret 2017 20:33 WIB)
2. Deskripsi Pengamatan Langsung Di Lokasi
Pada hari minggu tanggal 5 maret 2017 tepatnya pukul 10.00-11.00
WIB kelompok kami melakukan pengamatan satu jenis hewan kucing di Cutie Cat
Café di Kemang Raya Jakarta Selatan, disana kami banyak menemukan jenis-jenis
hewan kucing dari Agora, Persia dan banyak lainnya. Kami hanya fokus pada satu
hewan kucing jenis Angora berwarna abu-abu, jenis kucing angora ini memiliki bulu yang sangat halus dan
lembut seperti sutra, bentuk bulunya panjang sekitar 5 – 8 cm, kucing angora
ini memiliki bulu berwarna abu-abu dengan corak sedikit kecoklatan pada
badannya. Pertumbuhan bulu kucing Angora memang unik. Kalau sedang musim panas,
bulu kucing Angora cenderung pendek, namun ketika sedang musim dingin, bulunya
jadi lebat. Badan Kucing Angora cenderung lebih panjang daripada kucing Persia. Kucing
Angora memiliki ukuran kepala sedang dengan hidung meruncing ke
atas. Kucing Angora memiliki warna mata yang biru atau kekuning-kuningan.
Ekor kucing Angora biasanya panjang dan runcing dengan bulu yang lebat.
Biasanya kalau kucing Angora berjalan, dia akan menurunkan ekornya atau
mendekatkan ujung ekornya ke kepalanya. Kuping Kucing Angora biasanya
besar dan runcing dengan setumpuk bulu di ujung kupingnya. Kucing Angora yang
kami amati sangat jinak dan terlalu banyak beraktivitas untuk tidur serta
melompat ke tempat-tempat yang disedia di area cutie cat café seperti meja,
kursi serta kandang-kandang yang ada.
3.
Legenda (Asal Usul Sungai
Brantas) Jawa Timur
Pada Jaman Dahulu, Di Jawa Timur ada sebuah kerajaan
besar. Kerajaan Kahuripan namanya. Rajanya bernama Prabu Airlangga. Prabu
Airlannga berasal dari Pulau Bali. Ia adalah seorang putra raja di Bali. Saat usia Prabu Airlangga sudah tua,
Ia ingin menjadi pertapa. Tahta Kerajaan Kahuripan akan di serahkan pada Putri
Permaisurinya yang hanya seorang. Ia putri yang cantik jelita. Namanya
Sanggramawijaya
Sanggramawijaya menolak keinginan Ayahanda nya. Ia tidak punya keinginan menjadi Raja. Yang menjadi keinginan Sanggramawijaya adalah menjadi seorang pertapa. Ia lalu meminta restu ayahanda nya menjadi pertapa di Goa Selomangleng (Di Kaki Gunung Klotok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Ia pun mengubah namanya menjadi Dewi Kilisuci. Prabu Airlangga lalu berkeinginan menyerahkan tahta kerajaan pada putranya yang berasal dari selir ( Istri tidak resmi ). Kebetulan sekali, Ia memiliki dua putra dari selir. Kedua Putranya bernama Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan.
Sanggramawijaya menolak keinginan Ayahanda nya. Ia tidak punya keinginan menjadi Raja. Yang menjadi keinginan Sanggramawijaya adalah menjadi seorang pertapa. Ia lalu meminta restu ayahanda nya menjadi pertapa di Goa Selomangleng (Di Kaki Gunung Klotok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Ia pun mengubah namanya menjadi Dewi Kilisuci. Prabu Airlangga lalu berkeinginan menyerahkan tahta kerajaan pada putranya yang berasal dari selir ( Istri tidak resmi ). Kebetulan sekali, Ia memiliki dua putra dari selir. Kedua Putranya bernama Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan.
Prabu
kebingungan untuk memilih salah satu yang akan diberi tahta kerajaan kahuripan.
Prabu Airlangga berusaha mencari jalan keluar yang adil. Ia menyuruh Empu
Baradha untuk pergi ke Bali. Empu Baradha disuruh meminta tahta kerajaan milik
Ayahanda Prabu Airlangga di Pulau Bali untuk salah satu putranya. Namun tahta
kerajaan milik ayahanda Prabu Airlangga di Bali sudah diberikan kepada adik
Prabu Airlangga. “Tahta milik Ayahanda Airlangga di pulau Bali sudah diberikan
kepada adik Prabu Airlangga yang bernama Anak Wungsu!” lapor Empu Baradha
setibanya dari pulau Bali. “taka pa-apa, bapak e,pu! Terima kasih bapak empu
sudah melaksanakan apa yang kusuruh. Sekarang bantu aku membagi kerajaan ini
dengan adil untuk kedua putraku, Sri Samarawijaya dan Mapanji garasakan!”
baiklah, baginda Raja! Bagaimana kalau hamba yang membagi kerajaan Kahuripan
ini menjadi dua bagian yang sama besar?””itu lebih baik bapak Empu! Tapi,
bagaimana caranya bapak Empu membagi kerajaan ini menjadi dua bagian sama
besar?” “serahkan semuanya pada hamba, baginda raja! Hamba yang akan
mengaturnya!” “baiklah bapak Empu! Kuserahkan semua persoalan ini kepada Anda!”
Keesokan
harinya, Empu Baradha terbang sambil membawa Kendi ( Teko dari tanah liat )
berisi air. Dari angkasa, ia tupahkan air kendi itu sambil terbang melintas
persis di tengah-tengah Kerajaan Kahuripan. Ajaibnya, Tanah yang terkena
tumpahan air Kendi langsung berubah menjadi sungai. Sungai itu semakin besar
dan airnya deras. Sungai itu sekarang bernama Sungai Berantas.
Kerajaan Kahuripan pun sekarang terbagi menjadi dua
bagian. Batasnya adalah ciptaan Empu Baradha. Prabu Airlangga pun menyerahkan
dua bagian dari Kerajaan Kahuripan itu kepada Sri Samarawijaya dan Mapanji
Garasakan.
” Bagian Kerajaan Kahuripan sebelah timur sungai aku serahkan pada Putraku Mapanji Garasakan! Kerajaan itu aku beri nama Kerajaan Jenggala, Sedangkan bagian barat sungai aku serahkan pada putraku Sri Samarawijaya. Kerajaan itu kuberi nama Kerajaan Panjalu/Kadiri ( sekarang Kota Kediri ).” titah Prabu Airlangga.
Kini tentramlah hati Prabu Airlangga. Ia dengan tenang pergi dari Kerajaan Kahuripan ( Sebelum terbelah ) untuk menjadi seorang pertapa. Prabu Airlangga menjadi pertapa di Pucangan. Ia mengganti namanya menjadi Maharesi Gentayu. Ketika meninggal dunia, Jenazah Prabu Airlangga dimakamkan di lereng Gunung Penanggungan sebelah timur.
” Bagian Kerajaan Kahuripan sebelah timur sungai aku serahkan pada Putraku Mapanji Garasakan! Kerajaan itu aku beri nama Kerajaan Jenggala, Sedangkan bagian barat sungai aku serahkan pada putraku Sri Samarawijaya. Kerajaan itu kuberi nama Kerajaan Panjalu/Kadiri ( sekarang Kota Kediri ).” titah Prabu Airlangga.
Kini tentramlah hati Prabu Airlangga. Ia dengan tenang pergi dari Kerajaan Kahuripan ( Sebelum terbelah ) untuk menjadi seorang pertapa. Prabu Airlangga menjadi pertapa di Pucangan. Ia mengganti namanya menjadi Maharesi Gentayu. Ketika meninggal dunia, Jenazah Prabu Airlangga dimakamkan di lereng Gunung Penanggungan sebelah timur.
(Sumber:http://swaralakblokblog.wordpress.com/2016/09/17/legenda-asal-usul-sungai-brantas-jawa-timur)
Diakses Pada Hari Minggu Tanggal 12 Maret 2017 Pukul 21:53 WIB
Sumber:
(sumber:http://mediaharja.blogspot.co.id/2015/08/pemahaman-konsep-matematika.html)
diakses Selasa 7 Maret 2017 Pukul 22:48 WIB
(Sumber:Hari
Purnama, 2003 atau H. Abu Ahmad & A. Supatmo, 1998 dan dikutip dari https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/) diakses Sabtu 4 Maret 2017
Pukul 21:51 WIB
(Sumber:https://ratudwinandamasdar.wordpress.com/2013/04/06/konsep-ilmu-alamiah-dasar/) diakses Sabtu 4 Maret 2017
Pukul 21:51 WIB
(Sumber:http://duniapengetahuandansastra.blogspot.co.id/2015/08/contoh-paragraf-deskripsi.html diakses pada tanggal 5 maret
2017 20:33 WIB)
(Sumber:http://swaralakblokblog.wordpress.com/2016/09/17/legenda-asal-usul-sungai-brantas-jawa-timur)
Diakses Pada Hari Minggu Tanggal 12 Maret 2017 Pukul 21:53 WIB
Komentar
Posting Komentar